Sebuah
video kontroversial seputar penyelenggaraan ibadah qurban beredar di
jejaring media Youtube. Video berjudul “Meluruskan Kesalahpahaman
Seputar Qurban – Ceramah Syekh Ali Jaber” membuat masyarakat khususnya
orang awam resah dan kembali bertanya-tanya perihal hukum dan persoalan
ibadah qurban. Bahkan video itu sampai menimbulkan fitnah di tengah
masyarakat sebagaimana diungkapkan oleh akun Rustin Faisal yang
mengatakan:
“Dengan beradarnya
video ceramah Syekh Ali Bajeber (Jaber) di tengah masyarakat, banyak
orang-orang awan yang salah dalam pemahaman. Sehingga yang terjadi
sekarang ada beberapa tukang jual sapi yang sudah dipesan untuk dibeli
atau pengurus masjid yang sudah biasa dia berkorban di masjid itu dengan
seekor sapi untuk sekeluarga, merasa kecewa dan bingung karena
dibatalkan (pembelian sapinya atau qurban sapinya) dengan (diganti)
membeli seekor kambing, dan disalurkan ke masjid/ majelis ta’lim dengan
niat untuk (qurban) sekeluarga dengan tanpa nama perorangan. Ketika
ditanya darimana hukumnya, orang tersebut bilang dari ceramahnya Syekh
Ali Bajeber (Jaber) yang dia anggap lebih ‘alim dan mengerti daripada
ulama-ulama yang ada di kampung/ daerahnya. Inilah realita yang terjadi
di tengah masyarakat awam kita“.
Video
yang diunggah oleh akun Muhammad Setiawan pada 5 September 2015 itu
sebenarnya adalah video lama yang terjadi setahun yang lalu, tepatnya
pada 3 Oktober 2014 saat Syekh Ali Jaber berceramah di Masjid Ar-Rahim,
Menara 165 ESQ, Jakarta. Video ini kemudian diedarkan di dunia maya oleh
beberapa website menjelang Hari Raya Idul Adha 1436 H (September 2015),
diantaranya tercatat ada website Bersama Islam, PKS Piyungan, dan
beberapa blog gratisan dengan isi dan judul yang sama “Meluruskan
Pemahaman Tentang Qurban Oleh Syeikh Ali Jaber”.
Dalam
video berdurasi 10 menit 34 detik itu, Syekh Ali Jaber membuka
pernyataannya dengan mengatakan bahwa pemahaman masyarakat Indonesia
tentang qurban masih banyak yang salah. Syekh asal Arab Saudi yang
sering tampil di beberapa televisi nasional ini bahkan “menuduh” umat
Islam di Indonesia adalah umat Islam keturunan, yang asal tahu saja,
yang jauh dari pemahaman. Seolah-olah muslim Indonesia itu asal-asalan,
asal denger, asal lihat, dan tidak punya dasar dalil yang kuat.
Innalillah…
Lebih lanjut, Syekh Ali
Jaber mencoba “meluruskan” pemahaman tentang hitungan hewan qurban yang
dianggapnya keliru. Dikatakan qurban itu hitungannya per keluarga bukan
per orang. Jika dalam satu keluarga itu ada 45 anggota keluarga yang
terdiri dari 1 suami, 4 istri, dan 40 anak, maka cukup berkurban wajib 1
ekor kambing saja, tidak lebih dari itu kewajibannya. Sehingga 1 ekor
Sapi untuk 7 orang itu pemahaman yang sebenarnya keliru. Kemudian saat
penyembelihannya kita cukup dengan Bismillah atas namaku dan keluarga,
tidak perlu menyebutkan data nama keluarga yang berkurban. Selain itu,
Syekh Ali Jaber juga menyatakan hukum qurban itu adalah wajib, sampai
beberapa kali berkata wajib: wajib sapi, wajib satu ekor kambing, dan
lain-lain.
Untuk selengkapnya, berikut kami sajikan transkip cuplikan perkataan Syekh Ali Jaber dalam video tersebut:
“Memang persoalan qurban, Saya jujur saja selama di Indonesia masih banyak salah pemahaman terhadap qurban. Dan Saya pernah berkata memang Islam kita di Indonesia Islam Keturunan. Yah, jadi asal tahu saja (sambil tertawa cengengesan), tapi dari segi pelajaran, mohon maaf ya kita terlalu jauh, jauh terhadap pemahaman. Yang saya maksud kita melaksanakan sesuatu tapi kita sudah belajar sudah tahu, bukan hanya asal, eh.. saya dengar, eh.. saya lihat saya bukan sebatas itu tapi kita punya dasarnya. Dan ini kelemahannya, diantaranya qurban.Saya pernah mendengar, bukan, malah sering mendengar soal qurban dihitungkan per orang. Jadi keluarga, suami istri sama lima anak, berarti jumlah tujuh (orang) wajib (satu) sapi. Kalau, apa namanya, kurang daripada itu atau misal suami istri tidak mampu boleh ini tahun qurban kambing atas nama suami, tahun depan atas nama istrinya (sambil cengengesan). Ini hal keliru sebenarnya. Yang dihitungkan soal qurban beda sama aqiqah dan beda sama zakat fitrah. Zakat fitrah sama aqiqah terhitung per orang. Aqiqah laki-laki 2 kambing, untuk perempuan 1 (kambing). Kalau tidak mampu boleh. Kalau ada kembar laki sama perempuan berarti tiga kambing, tapi kalau tidak mampu boleh 1 kambing, gak masalah. Dan gak ada istilah sekarang saya qurban tapi nanti sisanya seolah-olah ada hutang sama Allah. Sesuai kemampuan kita, diantaranya qurban.Qurban hitungannya per keluarga bukan per orang. Buktinya Rasul shollallohu ‘alaih wa sallam dan juga cerita Nabi Ibrahim. Ketika Nabi Ibrahim mau sembelih Nabi Isma’il, Allah turunkan apa? Pengganti sembelihan Nabi Isma’il dengan ekor kambing dari surga, berapa ekor kambing? Satu. Padahal Nabi Ibrahim punya istri dua dan anak. Ada istri Siti Hajar dan Sarah, kemudian anaknya Isma’il dan Ishaq, berarti semuanya berapa? Lima (orang). Kenapa Allah tidak turunkan lima ekor kambing (untuk lima orang)? Karena hitungannya memang satu keluarga (bukan per orang).Yang kedua, Rasul sendiri sembelih dua kambing. Pertama, Bismillah atas nama Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad. Padahal kita tahu keluarga Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wa sallam termasuk keluarga besar, sebelas istri belum lagi anaknya laki-laki sama perempuan, ada yang hidup maupun sudah mati. Sudah termasuk semua, yang hidup maupun mati. Yang kedua, Rasul sembelih sembelihan yang kedua atas namaku dan ummatku. Ummatnya berapa miliyar? Cuman satu ekor kambing. Kenapa Rasul shollallohu ‘alaih wa sallam berqurban atas nama dirinya dan ummatnya? Saya mengambil salah satu di sini tentang sayangnya Rasul kepada ummatnya. Jadi, saya selalu berkata orang miskin yang tidak mampu berkurban seharusnya bangga di hari qurban karena Rasul sudah kurbankan duluan atas nama dia. Jadi, terimakasih ya Rasulallah, ingatkan kita yang kita tidak mampu (berkurban) Rasul sudah (kurbankan). Bahkan kalau Rasul sudah qurban atas nama ummatnya yang tidak mampu berarti sudah terkabul. Kita aja belum tahu qabul atau tidak kalau kita berkurban, tapi kalau Rasul sudah terjamin maqbul. Oleh sebab itu, hitungan qurban itu adalah satu keluarga. Misal, bapak punya istri, punya anak. Itu kalau mampu (satu ekor) sapi silahkan. Mampu seribu sapi silahkan. Kalau soal kemampuan gak ada masalah. Tapi kalau soal kewajiban, nggak ada wajib lebih daripada satu ekor kambing. Satu ekor kambing. Misal, kalau bapak punya istri empat, misal misal, cuman ini misal, istrinya empat. Setiap istri anaknya sepuluh. Berarti jumlah berapa? Anak empat puluh, istri empat, berarti empat puluh empat, sama bapak (jadinya) empat puluh lima. Wajib satu ekor kambing saja, cukup untuk semuanya. Tapi kalau soal mampu ya silahkan, mau seribu kambing boleh, mau seribu sapi boleh, nggak ada yang melarang kalau soal kemampuan.Dan kalau kita mau sembelih (ucapkan) Bismillah atas namaku dan keluarga. Tidak perlu bawa data-data nama keluarga. Jadi sebutkan, tukang sembelihnya capai menunggu sampai sebutkan nama-nama. Nggak perlu. Sudah Bismillah atas namaku dan keluarga, termasuk atas namaku dan keluarga, (adalah) termasuk orangtua yang sudah meninggal. Termasuk orangtua yang sudah meninggal karena kita adalah hasil daripada orangtua. Itu sudah termasuk, tidak perlu kita sebutkan. Ada sebagian ulama membolehkan kalau kita mampu mau khusus kambing atas nama orangtua tidak masalah, kalau kita mampu. Tapi kalau kita tidak mampu, itu sudah termasuk orangtua kita bersama keluarga besar kita. Ini salah satu kenikmatan dan ini juga termasuk sedekah yang berguna bagi orang yang sudah meninggal di keluarga kita. Wallohu Ta’ala”.
Menanggapi
pernyataan di atas, Anggota Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Wilayah
Nahdlatul Ulama Jawa Timur (LBM PWNU Jatim), Ustadz Muhammad Ma’ruf
Khozin berkomentar. Dalam akun Facebooknya, Alumni Pondok Pesantren Al
Falah Ploso, Mojo, Kediri ini menjawab tuduhan Syekh Ali Jaber seputar
masalah qurban yang diamalkan umat Islam di Indonesia.
Pertama, Syekh Ali Jaber mengatakan hukum qurban adalah wajib. Mantan Ketua LBM PCNU Surabaya ini menjawab:
“Boleh
Anda berpendapat seperti itu, namun pendapat seperti ini dibantah oleh
ahli hadits bermadzhab Syafi’iyyah yaitu Imam al-Hafidz Ibnu Hajar
al-Asqalani dalam Fath al-Bari.
Diantara hadits yang menunjukkan qurban adalah sunah sebagai berikut:
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِي اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:كُتِبَ عَلِيَّ النَّحْرُ
وَالذَّبْحُ وَلَمْ يُكْتَبْ عَلَيْكُمْ (رواه الطبراني)
Yang artinya: Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah bersabda: Menyembelih qurban wajib bagiku dan tidak diwajibkan bagi kalian (Hadits Riwayat al-Thabrani). Hadis ini juga memiliki banyak jalur riwayat meskipun dhaif.
Terbukti juga seorang sahabat berkata:
قَالَ اِبْن عُمَر : هِيَ سُنَّة وَمَعْرُوف (رواه البخاري)
Yang artinya: Ibnu Umar berkata: Qurban adalah sunah dan telah diketahui (Hadits Riwayat al-Bukhari).
Imam Syafii juga berkata:
قَالَ
الشَّافِعِي وَبَلَغَنَا أَنَّ أَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللهُ
عَنْهُمَا كَانَا لاَ يُضَحِّيَانِ كَرَاهِيَةَ أَنْ يُرَى أنَّهَا
وَاجِبَةٌ (مختصر المزني مع الأم 8/ 283)
Yang artinya: Telah sampai kepada kami bahwa Abu Bakar dan Umar (pernah) tidak menyembelih qurban karena khawatir akan dianggap wajib (Mukhtashar al-Muzani 8/283).
Oleh karenanya ahli hadits Imam al-Tirmidzi berkesimpulan:
قَالَ التِّرْمِذِيّ : الْعَمَل عَلَى هَذَا عِنْد أَهْل الْعِلْم أَنَّ الْأُضْحِيَّة لَيْسَتْ بِوَاجِبَةٍ
Yang artinya: Menurut para ulama bahwa qurban tidak wajib.
Pertanyaan untuk Syekh: Apakah seperti yang diamalkan Muslim Indonesia ini salah, Syekh?”
Kedua,
terkait hitungan qurban yang dikatakan Syekh Ali Jaber per-keluarga,
bukan per-orang. Dikatakan, jika dalam satu keluarga itu ada 45 anggota
keluarga yang terdiri dari 1 suami, 4 istri, dan 40 anak, maka cukup
berkurban wajib 1 ekor kambing saja, tidak lebih dari itu kewajibannya.
Ustadz Ma’ruf Khozin pun angkat bicara mengenai hitungan qurban ala
Syekh ini dan berkata:
“Syekh Ali Jaber ini mengambil dari beberapa pendapat ulama berikut:
وَالْعَمَلُ عَلَى هَذَا عِنْدَ بَعْضِ أَهْلِ الْعِلْمِ وَهُوَ قَوْلُ أَحْمَدَ وَإِسْحَاقَ
Yang artinya: Inilah
(satu kambing untuk 1 keluarga) yang diamalkan oleh sebagian ulama. Ini
adalah pendapat Ahmad bin Hanbal dan Ishaq bin Rahwaih.
Namun Imam al-Tirmidzi masih melanjutkan:
وَقَالَ
بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ لاَ تُجْزِئُ الشَّاةُ إِلاَّ عَنْ نَفْسٍ
وَاحِدَةٍ وَهُوَ قَوْلُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُبَارَكِ وَغَيْرِهِ مِنْ
أَهْلِ الْعِلْمِ. (سنن الترمذى – ج 6 / ص 136)
Yang artinya: Menurut
sebagian ulama yang lain, 1 kambing tidak cukup kecuali untuk 1 orang.
Ini adalah pendapat Abdullah bin Mubarak dan ulama lainnya (Sunan al-Tirmidzi, 6/136).
Pendapat
Ibnu Mubarak inilah yang sejalan dengan madzhab Syafi’iyyah dan
diamalkan oleh Muslim Indonesia. Imam al-Nawawi berkata:
(فرع)
تَجْزِئُ الشَّاةُ عَنْ وَاحِدٍ وَلَا تَجْزِئُ عَنْ أَكْثَرَ مِنْ
وَاحِدٍ لَكِنْ إِذَا ضَحَّى بِهَا وَاحِدٌ مِنْ أَهْلِ الْبَيْتِ تَأَدَّى
الشِّعَارَ فِي حَقِّ جَمِيْعِهِمْ وَتَكُوْنُ التَّضْحِيَةُ فِي
حَقِّهِمْ سُنَّةَ كِفَايَةٍ (المجموع ج 8 / ص 397)
Yang artinya: Kambing
mencukupi untuk 1 orang dan tidak mencukupi untuk 1 orang lebih. Namun,
jika ada 1 orang menyembelih kambing untuk 1 keluarga, maka ia telah
melakukan syiar untuk keluarganya dan qurban menjadi sunah kifayah bagi
mereka (al-Majmu’, 8/397).
Pertanyaan
untuk Syekh: Apakah Muslim Indonesia ini memang Islam Keturunan yang
hanya taklid, ataukah sudah menjadi amaliah sejak masa ulama Salaf,
Syekh?”
Terakhir,
Syekh Ali Jaber mengatakan bahwa penyembelihan qurban cukup
dengan menyebut Bismillah atas namaku dan keluargaku, tidak perlu
menyebutkan nama keluarga satu persatu, dan di dalamnya juga sudah
termasuk untuk orangtua yang sudah meninggal. Maka dijawab oleh Ustadz
Ma’ruf Khozin dengan indah melalui sebuah hadits riwayat Imam
al-Baihaqi sebagai berikut:
“Perihal
menyebut nama seperti yang Anda sampaikan memang sudah dilakukan oleh
Rasulullah. Tetapi yang terjadi di negeri kami, hewan yang disembelih
biasanya tidak disembelih sendiri, melainkan diwakilkan kepada orang
lain untuk menyembelih. Maka wakil tersebut sah-sah saja menyebut
nama-nama pemilik qurban:
قَالَ
ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمَا : لاَ يَذْبَحُ أُضْحِيَّتَكَ
إِلاَّ مُسْلِمٌ وَإِذَا ذَبَحْتَ فَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ مِنْكَ
وَلَكَ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ فُلاَنٍ (سنن البيهقى – ج 2 / ص 27)
Yang artinya: Ibnu
Abbas berkata: “Hanya orang muslim yang menyembelih qurbanmu. Jika kamu
menyembelih, ucapkan: Bismillah, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu. Ya
Allah terimalah qurban si fulan… (Hadits Riwayat al-Baihaqi).”
Sebelumnya,
respon serupa juga dihadirkan oleh Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah
Al-Bahjah Cirebon Jawa Barat, KH Yahya Zainul Maarif, atau yang akrab
disapa Buya Yahya. Melalui video berdurasi singkat yang diunggah oleh
akun Al-Bahjah TV pada 20 September 2015 dengan judul “Buya Yahya |
Koreksi Tentang Qurban”, beliau menyatakan perlunya menjelaskan masalah
tentang qurban tersebut menurut madzhab Imam Syafi’i yang dianut
mayoritas umat Islam di Indonesia agar tidak menimbulkan fitnah di
kalangan ummat.
Buya Yahya memaparkan
bahwasanya menurut madzhab Imam Syafi’i hukum menyembelih qurban adalah
sunnah yang sangat dikukuhkan (sunnah muakkad), bukan wajib sebagaimana
dikatakan Syekh Ali Jaber. Menurut madzhab Imam Malik dan Imam Ahmad
bin Hanbal juga sama, hukumnya sunnah yang dikukuhkan. Sedangkan Imam
Abu Hanifah menghukumi wajib tetapi ada syarat-syarat tertentu.
Dan
hukum sunnah berkurban ini ada dua, yaitu sunnah ‘ainiyyah dan sunnah
kifayah, sebagaimana diungkapkan oleh Buya Yahya. Sunnah ‘ainiyyah
artinya setiap kepala (setiap orang) disunnahkan untuk menyembelih satu
qurban jika mampu. Sedangkan sunnah kifayah ini dijelaskan bahwa jika
satu keluarga sudah ada yang melakukan qurban satu, maka permintaan bagi
yang lain sudah tidak ada, tetapi jika ada yang melakukannya tetap
dihukumi sunnah.
Mengenai hitungan
qurban yang dikatakan Syekh Ali Jaber per-keluarga, bukan per-orang,
sehingga qurban 1 sapi untuk 7 orang dikatakan keliru dan tidak benar,
Buya Yahya menjawab dengan mengetengahkan sebuah hadits yang
diriwayatkan oleh Imam Muslim. Dalilnya adalah hadits dari Jabir
radhiyallahu ‘anhu, dia berkata:
نَحَرْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِالْحُدَيْبِيَّةِ الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ
“Kami pernah menyembelih
bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada waktu Hudaibiyyah
seekor unta untuk 7 orang dan seekor sapi untuk 7 orang.” (Hadits
Riwayat Muslim).
Untuk selengkapnya silahkan simak video Koreksi Tentang Qurban bersama Buya Yahya berikut ini:
Baca juga:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar